TES

Selamat Datang di Blog Sederhana Seputar Traveling di Pulau Sumatera

Jumat, 26 Desember 2014

Wisata Kapal PLTD Apung, Banda Aceh.




Kapal PLTD Apung merupakan satu bukti sejarah betapa dahsyatnya bencana tsunami yang menerjang Nanggroe Aceh Darussalam pada 26 Desember 2004, sepuluh tahun lalu. Kapal pembangkit listrik yang berbobot sekitar 2600 ton ini terseret arus kurang lebih 5 km ke arah daratan, dan akhirnya terdampar di kawasan pemukiman masyarakat. Kapal PLTD Apung terletak di Jalan Harapan, Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru Kotamadya Banda Aceh.

Semenjak tahun 2007 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bekerjasama dengan instansi terkait dipusat dan daerah telah melaksanakan pembangunan di beberapa situs dan monume, salah satunya Situs Tsunami PLTD Apung ini.

Pengembangan Situs Tsunami PLTD Apung dimulai pada tahun 2008 diatas lahan seluas 25.000 m2 dengan pembuatan Detail Engineering Desain (DED) dan dilanjutkan dengan penataan sik dan lingkungan dibawah supervise ahli-ahli kebumian maupun seni budaya.


Dilokasi ini juga terdapat monumen relief tsunami PLTD, menara pandang ke arah Pantai Ulee Lheue dan teropong binocular ke arah pantai.
Monumen Relief Tsunami PLTD




Situs tsunami ini sangat menarik, karna ukurannya yang kontras dan terlihat sangat kokoh dibanding bangunan rumah warga yang ada disekitarnya. Semoga situs ini tetap terjaga kelestarian dan keindahannya, sehingga bisa memberikan pembelajaran sejarah untuk anak-anak penerus bangsa.

- Salam Lestari -

NOTES :

- Tidak ada biaya retribusi untuk masuk lokasi wisata ini, Anda hanya perlu membayar uang parkir.



Tidak ada komentar: