TES

Selamat Datang di Blog Sederhana Seputar Traveling di Pulau Sumatera

Minggu, 15 Februari 2015

Goa Gong / Goa Angklung di Batu Rongring.

Taman Nasional Gunung Leuser biasa disingkat TNGL adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektar yang secara administrasi pemerintahan terletak di dua Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Taman nasional ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut di Aceh.Taman nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi (Wikipedia).

Taman Nasional Gunung Leuser memiliki 3 (tiga) fungsi yaitu : a. Perlindungan sistem penyangga kehidupan; b. Pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya; c. Pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) ini terdapat banyak sekali jenis flora dan fauna eksotis, keindahan alamnya pun tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai pusat kawasan wisata.

Seperti salah satu lokasi wisata yang baru-baru ini saya kunjungi di kawasan TNGL ini yaitu :

1. Goa Gong / Goa Angklung

Sesuai namanya, Goa Gong / Goa Angklung adalah sebuah goa yang stalaktit dan stalakmitnya bisa menghasilkan bunyi seperti suara angklung ketika dipukul. Dan uniknya lagi goa ini dialiri air secara terus menerus dikarenakan terdapat sebuah air terjun didalam goa.


Pintu masuk Goa Angklung / Goa Gong






2. Goa Vertikal


3. Air Terjun Kapas


Selain bisa menyusuri goa-goa eksotis dan menikmati air terjun kapas, kita juga bisa tubing menyusuri indahnya Sungai Musam seperti ini :




Seru kan sahabat ?
Tunggu apalagi, segera kunjungi wisata alam yang satu ini :)

- Salam Lestari -

Tidak ada komentar: