TES

Selamat Datang di Blog Sederhana Seputar Traveling di Pulau Sumatera

Senin, 25 Agustus 2014

Sungai Dua Rasa di Sibolangit.


Yang ngaku traveler sejati mana jempolnya??????
Pokoknya belum bisa dibilang petualang kalo belum pernah ke sungai 2 rasa ! :p *egois*
Gais, tau ga sih ada sungai cantik nan asri di sibolangit? kamu wajib coba wisata alam yang satu ini nih, namanya sungai dua rasa (sungai dua suhu). Mungkin terdengar agak aneh ada sungai dua rasa dengan aliran air yang punya batas antara panas dan dingin, tapi dijamin sungai yang satu ini akan membuat kamu terkagum-kagum dengan keindahannya. 

Kondisi jalan menuju desa ini cukup baik karna sudah di aspal, namun ada beberapa bagian yang rusak. Dipertengahan jalan menuju desa, kamu akan ketemu persawahan cantik seperti ini :


Persawahan Desa


Setelah dua jam perjalanan dari kota Medan, kami pun sampai di desa yang dituju. Untuk mencapai sungai dua rasa,  kita harus tracking melewati persawahan warga desa. Untuk anda yang phobia pacet, sebaiknya gunakan lotion / anti nyamuk sebelum tracking, karna disini banyak sekali ‘pacet’ berkeliaran apalagi saat musim hujan seperti ini. 


Jalur yang harus dilewati menuju sungai



Sekitar 20 menit tracking, sungai pun mulai terlihat, semakin ke ujung sungai terlihat semakin cantik. Sungai ini masih sangat asri dan belum terjamah sama sekali, sangat sedikit orang yang tahu ada tempat secantik ini di Sibolangit.









Uniknya, sungai ini mempunyai suhu yang bisa berubah-ubah sendiri. Ketika kita berendam ke dalamnya, air sungai kadang terasa dingin, hangat bahkan panas seperti air mendidih. Sensasi luar biasa yang baru kali ini saya temukan. 

Air sungai ini merupakan air belerang yang dihasilkan dari Gunung Barus. Hal inilah yang menyebabkan warna air sungai kebiru-biruan dan punya dua suhu.


Sumber air panas sungai dua rasa
(photo by @kakilensa)

Jika berkunjung kesini, harap menjaga sikap dan tidak meninggalkan sampah dilokasi sungai ya teman, supaya sungai ini tetap asri dan bisa dinikmati anak-cucu kita kelak :)





Oh iya, di dekat sungai dua rasa ini juga ada air terjun setinggi kurang lebih 20 meter loh. Air terjun ini oleh masyarakat dinamakan " Sempuren Suah". Airnya sangat jernih dan dingin, sangat cocok dinikmati setelah lelah sehabis perjalanan :)






- Salam Traveler & Lestari -

NOTES :

Sungai dua rasa terletak di desa negeri suah kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
- Sebaiknya gunakan sepeda motor jika ingin berkunjung ke desa ini, karna kondisi jalan yang belum cukup memadai. 



Tidak ada komentar: