TES

Selamat Datang di Blog Sederhana Seputar Traveling di Pulau Sumatera

Kamis, 19 Juni 2014

Pulau Berhala, Pesona Surga di Perbatasan Laut Indonesia.

Welcome to Berhala Island

Pulau Berhala adalah sebuah pulau terluar Indonesia yang terletak di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Luas pulau ini hanya berkisar 2,5 km2 . Pulau ini di apit oleh 2 pulau kecil lainnya yang dinamakan Pulau Sokong Kakek dan Pulau Sokong Nenek. Pulau ini dijaga oleh kurang lebih 33 orang marinir dan 1 orang petugas navigasi.

Di Pulau ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti snorkeling, diving, sekedar berenang, tracking mercusuar, melihat penangkaran penyu, keliling pulau untuk melihat keindahan pulau dan goa alam yang terdapat di belakang pulau ini. Selain itu, kita juga bisa bermain volley pantai, membuat api unggun dan barbequan pada malam hari. Dan yang paling penting adalah Anda dapat berfoto narsis ditiap sudut pulau ini.




Goa alam di Pulau Berhala

          .
Anak penyu :)

         

Snorkling time

Pulau ini di anugrahi pepohonan rindang, pasir putih, terumbu karang yang indah, serta satwa yang masih alami. Angin sejuk, langit biru dan goresan matahari senja menambah pesona pulau dengan penjagaan ketat ini. Pada malam hari akan terlihat banyak sekali kapal nelayan yang mencari ikan, cahaya kapal menambah keindahan pemandangan malam pulau ini, ditambah dengan kerlap-kerlip plankton yang terbawa ombak sampai ke bibir pantai.   
        
Cahaya plankton pada malam hari :)

 Fasilitas di pulau ini juga sudah cukup memadai, seperti mess marinir (penginapan), toilet, listrik dll. Hanya saja disini tidak ada sinyal provider apapun. Jika Anda berkunjung ke Medan, sempatkan waktu Anda mengunjungi pulau indah kebanggaan Sumatera Utara ini J



- Salam traveler -

NOTES :

Ø  Untuk menuju Pulau Berhala dari kota Medan, Anda bisa naik transportasi umum ke Serdang Bedagai yang ditempuh dengan waktu 2–3 jam. Dari pelabuhan Tanjung Beringin perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan kapal nelayan menuju Pulau  dengan waktu tempuh 4-5 jam (jika kondisi cuaca sedang bagus).
Ø  Penginapan yang tersedia hanya mess marinir.
Ø  Jika Anda ingin berlibur ke Pulau ini, hubungi nelayan yang melayani perjalanan kesana minimal seminggu sebelum keberangkatan (karena harus ada surat izin khusus untuk mengunjungi pulau ini).


Tidak ada komentar: