TES

Selamat Datang di Blog Sederhana Seputar Traveling di Pulau Sumatera

Rabu, 27 Agustus 2014

Padang.



Siapa yang tidak mengenal kota Padang ?
Kota yang penduduknya mayoritas bersuku Minang ini adalah salah satu kota terfavorit di Indonesia. Selain karna masakan-masakannya yang terkenal lezat (baca : rendang), Padang juga merupakan kota yang punya sejuta tempat wisata menarik wisatawan.

Kebetulan Desember 2012 lalu saya dan teman-teman sekelas mengadakan tour ke kota Padang, kami melakukan kunjungan ke salah satu kampus swasta yang usianya sudah cukup renta, Universitas Bung Hatta.

Jauh-jauh dari Medan ke Padang tentu saja momen ini tidak dibuang begitu saja. Maka kami pun mengunjungi beberapa lokasi wisata yang ada di ranah minang ini.

Apa saja ?
Yuk kita bahas satu per satu :)

1. Lembah Anai
Lembah anai merupakan cagar alam berupa air terjun yang terletak ditepi jalan raya Padang - Bukit Tinggi. Cagar alam yang satu ini sangat ramai dikunjungi pada hari libur karna lokasinya yang strategis dan pemandangannya yang indah. Tak usah khawatir soal retribusi, karna cukup dengan membayar Rp 3.000 saja kamu sudah bisa sepuasnya menikmati sejuknya udara disini.







2. Jam Gadang
Siapa yang tidak kenal dengan simbol kota Padang yang satu ini. Jam besar yang berdiri kokoh di pusat kota Bukit Tinggi memang kerap menjadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke kota Padang. Konon katanya jam ini didatangkan langsung dari Belanda melalui Pelabuhan Teluk Bayur dan digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat 2 unit di dunia, yaitu Jam Gadang itu sendiri dan Big Ben di London, Inggris.


Foto : Wikipedia



Sekitar 10 meter dari jam gadang ada pasar untuk tempat berburu oleh-oleh khas sumatera barat, namanya pasar atas. Di pasar ini harga barang-barang akan jauh lebih murah dari tempat lain yang menyediakan barang sejenis dengan kualitas baik. Jadi, jangan sampai dilewatkan teman :)

3. Pantai Nirwana
Pernah membayangkan ada pantai cantik di tengah kota ? Yaps, Padang memang surganya pantai. Lihat saja Pantai Nirwana, pantai yang terletak sekitar 14 km saja ke arah selatan dari pusat kota Padang menuju Kabupaten Pesisir Selatan memiliki pemandangan yang begitu memanjakan mata. Pantai ini dilindungi oleh tebing-tebing tinggi dan disuguhi view dari pelabuhan Teluk Bayur.

Disepanjang pinggir pantai terdapat vegetasi pohon kelapa yang menambah keindahan pantai ini. Ada juga beberapa sampan nelayan yang berlabuh di tepiannya. Tidak ada biaya masuk ke lokasi wisata ini.








Padang memang kota dengan sejuta pesona. Tapi ada satu hal yang sebenernya yang saya sangat sesali dari kota ini.

Apa itu ?

Saya kesal karna masyarakatnya belum sepenuhnya sadar akan pentingnya konservasi penyu. Dibeberapa pasar kota yang saya lewati, sangat banyak telur penyu yang diperdagangkan dengan bebas :(

Padahal sudah ada himbauan dari pemerintah setempat untuk tidak memperdagangkan telur penyu demi kelestariannya di alam, namun sepertinya masyarakat acuh dan cuek saja.

Saya yakin,  jika konservasi penyu lebih digalakkan dikota ini, Padang bisa saja mendapatkan banyak devisa dari kunjungan wisatawan yang ingin melihat binatang bercangkang yang hampir punah  ini.

Besar harapan saya, masyarakat Padang lebih sadar terhadap konservasi hewan-hewan langka agar kelak Padang tak hanya dikenal karna kelezatan masakannya saja tapi juga masyarakat yang berbudaya dan peduli akan kelestarian hewan.


Notes :
- Jangan lupa membawa jaket tebal jika berkunjung ke kota ini, karna pada malam hari udara disini begitu dingin.
- Jangan ragu meminta rekomendasi warga sekitar dalam mencari tempat wisata lain selain yang saya bahas diatas.
- Feel the different experience in this place ! Have a nice vacation guys...

                                                                                                           

                                                                                                                      - Salam Lestari -

Tidak ada komentar: